Beberapa minggu lalu ketika melintas di Jalan Gunawarman, saya sempat memperhatikan sebuah bangunan yang sebelumnya digunakan sebagai sebuah showroom furniture sedang mengalami renovasi setelah sebelumnya showroom tersebut menggelar sebuah garage sale. Rasa ingin tahu saya pun terjawab ketika renovasi telah selesai berjalan dan venue tersebut dibuka kembali sebagai sebuah restoran. Tepatnya pada tanggal 16 Juni 2017, Samsara Indonesia Cuisine dibuka di alamat Jalan Gunawarman No. 16 tersebut. Merupakan sebuah bisnis terbaru dari The Terra Gastronomy, Samsara menampilkan sebuah konsep yang menampilkan berbagai hidangan Indonesia secara elegan.

 

 

Anda harus menaiki beberapa anak tangga sebelum tiba di pintu utama. Nuansa chic yang tercipta berkat penataan interior serta lighting yang sempurna langsung terasa, ditambah musik lounge berirama lembut membuat pikiran kembali rileks setelah menghadapi berbagai hiruk-pikuk khas Ibukota. Sebuah bar sengaja ditelakkan tepat di area entrance, seolah menyambut tamu yang datang dengan berbagai pilihan minuman yang menyegarkan. Sapukan pandangan ke sekeliling ruangan dan mata Anda akan dengan mudah terpikat pada sebuah lukisan berukuran sangat besar bernuansa kuning berjudul The Dancing Goddess – yang menjadi sebuah artwork ikonik Samsara, karya seorang pelukis ternama Ida Bagus Indra dari Bali yang karyanya juga telah menghiasi Istana Buckingham, Inggris dan White House, Amerika.

 

 

Sambas Sanusi Herman, Corporate Chef, dan Parjiyo, Executive Chef, adalah dua orang di balik kemudi dapur yang menyajikan berbagai kekayaan citarasa Nusantara. Berbagai hidangan mulai dari starter hingga dessert dipertahankan keotentikan citarasanya namun disajikan dengan plating kontemporer yang memikat mata. Hidangan tersebut antara lain adalah Asinan Sayur Rawamangun, Dendeng Jemuran, Laksa Bogor, Pepes Kakap Putih Ungkep Garam – kakap putih dibumbui kemudian dibungkus daun pisang dan dimasak dengan cara membalutnya dengan adonan garam dan memanggangnya; Hingga hidangan penutup Raja Rujak Samsara – berupa pudding dengan berbagai marinated fruit di dalamnya yang disajikan bersama sorbet kedondong pedas. Direncanakan mulai dari tanggal 17 Agustus 2017 mendatang, tepat pada perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, sebuah prosesi kuliner kolosal – Rijsttafel akan dihadirkan di Samsara.

 

 

Samsara Indonesian Cuisine
Jalan Gunawarman No. 16
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
T. +62 21 72787110
www.samsarajakarta.com

Teks: Maximillian Samuel Puji
Foto: Samsara

 

About The Author

Related Posts